Kurikulum Program S1

Kompetensi utama jurusan teknik mesin mengikuti keputusan dari Badan Kerja Sama Teknik Mesin Indonesia (BKSTM) tanggal 13 Oktober 2010 yang ditetapkan sesuai dengan hasil pembahasan pada rapat kerja BKSTM bersam Direktorat Akademik Dirjen DIKTI pada tanggal 19 Agustus tahun 2010 di Yogyakarta serta rapat pengesahan kurikulum inti program sarjana Teknik Mesin  pada tanggal 5 Oktober 2010 di Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia, yaitu:

Kompetensi utama lulusan

  1. Mampu menerapkan matematika, sains,  dan prinsip rekayasa, untuk menyelesaikan masalah rekayasa yang kompleks pada sistem mekanika (mechanical system).
  2. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa kompleks pada sistem mekanika melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data, dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa.
  3. Mampu melakukan penelitian yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah rekayasa kompleks pada sistem mekanika serta komponen-komponen yang diperlukan.
  4. Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa di bidang sistem mekanika dan komponen-komponen yang diperlukan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, lingkunggan, dan konservasi energi.
  5. Mampu merancang sistem mekanika dan kompomnen-komponen yang diperlukan dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan.
  6. Mampu memilih sumber daya dan memanfaatkan perangkat perancangan serta analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk merancang, membuat, dan memelihara sistem mekanika serta komponen-komponen yang diperlukan

Kompetensi pendukung lulusan

  1. Menguasai prinsip dan teknik di bidang pengecoran logam, pelapisan, pembuatan komposit, pompa hidram, biogas, dan robotika.
  2. Mengasai pengetahuan dalam bidang rekayasa yang berbasis teknologi tepat guna.
  3. Menguasai prinsip dan isu terkini dalam ekonomi, sosial dan lingkungan secara umum.
  4. Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru serta terkini di bidang perancangan, proses manufaktur, serta pengoperasian dan perawatan sistem mekanika serta komponen-komponen yang diperlukan.

Kompetensi lainnya

  1. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan.
  2. Memiliki sikap profesional dan inovatif dalam berkarya.
  3. Memiliki kemampuan untuk menangani limbah cair, padat, maupun gas.
  4. Memiliki kemampuan desain yang ergonomis.

kurikulum s1


Kategori