• Tentang Unud
  • E-Library
  • IMISSU
  • LPPM
  • OASE
  • en INA
    • en INA
    • en EN
PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
  • Home
  • Accreditation
  • Profile
    • History
    • Vision and Mission
    • Educational Philosophy
    • Expected Learning Outcomes (ELO)
    • Program Specification
    • Staff
      • Head of Study Program
      • Lecturer
      • Official
      • Technician
    • Programs
      • Bachelor Program
      • Magister Program
      • Doctoral Program
  • Curriculum
    • Curriculum Framework
    • Academic Guidebook
    • Assessment Rubric
    • Curriculum Book
    • Teaching – Learning
    • Student Assessment
  • Facilities
    • Laboratory
      • Metallurgy and Materials
      • Heat Transfer
      • Fluid Engine
      • Refrigeration
      • Combustion Engine
      • Material Analysis
      • Production and Manufacturing
      • Design and Tribology
      • Sound and Vibration
      • Phenomena Laboratory
      • Physics Laboratory
    • Administration room
    • Departement Room
    • Class Room
    • Reading Room
    • Library
  • QA-I. Team
    • TPPM Activities
    • Evaluation Guidelines for Student Study Development
    • BAN-PT Accreditation
    • PSTM Quality Standards
    • AUN QA
    • IABEE
  • Academic Inf.
    • Academic Calendar
    • Job Training Info
    • course schedule
    • Machine Element Planning Info
    • Thesis Information
    • Practicum Info
    • Info
  • Student Affair
    • Students Activity
  • Jurnal
    • KNEP
    • Jurnal Energi dan Manufaktur
    • Teknik Desain Mekanika (TDM)
  • Download
  • Beranda
  • Buku Kurikulum

Buku Kurikulum

KURIKULUM

Sesuai dengan standard dan prosedur akreditasi Program Studi sarjana yang diterbitkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) 2008, yang menjelaskan bahwa kurikulum merupakan rancangan seluruh kegiatan pembelajaran mahasiswa sebagai rujukan Program Studi dalam merencanakan, melaksanakan, memonitor dan mengevaluasi seluruh kegiatannya untuk mencapai tujuan program studi. Selanjutnya dijelaskan pula bahwa Kurikulum dan seluruh kelengkapannya harus ditinjau ulang dalam kurun waktu tertentu oleh Program Studi bersama pihak-pihak terkait (relevansi sosial dan relevansi epistemologis) untuk menyesuaikannya dengan perkembangan IPTEK dan kebutuhan pemangku kepentingan


Untuk menjalankan amanat seperti terkandung dalam penjelasan di atas, selanjutnya PSTM UNUD melaksanakan evaluasi yang mendasar terhadap kurikulum 2011. Evaluasi dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dan bila diperlukan dapat di-tinjau/review kembali setiap tahun. Pengembangan kurikulum mengacu kepada:


- Ketentuan ketentuan dalam buku panduan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang diterbitkan oleh direktorat akademik dirjen dikti tahun 2008.
- Kepmen. Nomor 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 tentang kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.
- Keputusan dirjen dikti Nomor 44/dikti/Kep/2006 tentang rambu-rambu pelaksanaan mata kuliah berkehidupan bermasyarakat di perguruan tinggi
- Keputusan dirjen dikti nomor 43/dikti/Kep/2006 tentang Rambu-rambu pelaksanaan kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian di perguruan tinggi.
- Surat direktur jenderal pendidikan tinggi nomor: 06/D/T/2010 perihal penyelenggaraan Perkuliahan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi.
- Ketentuan dari Lembaga Pengabdian Masyarakat tahun 2010 mengenai Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM ) yang disusun oleh Pnitia Kuliah Kerja Nyata (KKN) universitas Udayana 2010
- Kurikulum Inti Program Sarjana Teknik Mesin Indonesia yang diterbitkan oleh Badan Kerjasama Teknik Mesin Indonesia 2010
- Penyempurnaan Karangka Kualifikasi Nasional Indonesia bidang ilmu Teknik Mesin yang diterbitkan oleh Badan Kerja Sama Teknik Mein Indonesia 2014.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan inggi.
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Bidang Pendidikan Tinggi.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
- Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendididkan dan Kebudayaan Tahun 2014
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.


Pengembangan kurikulum berbasis KKNI mempunyai sasaran strategis yaitu menyiapkan tenaga kerja trampil dan profesional yang dibutuhkan masyarakat sesuai dengan persyaratan kompetensi yang diberlakukan secara lokal, nasional dan internasional. Disamping itu kurikulum berbasis KKNI dapat berperan sebagai modal intelektual serta mempunyai mobilitas tinggi ke segala arah untuk dapat mengakses lapangan kerja yang bersifat volatile, kompetitif dan tidak menentu keberadaannya. Struktur kurikulum yang sudah berjalan selama ini meliputi konsentrasi bidang studi Konversi Energi, Manufaktur dan Engineering Perhotelan. Dalam kesempatan revisi tahun 2019 ini, struktur kurikulum ditambahkan dengan konsentrasi bidang studi Otomotif dengan menambahkan bberapa mata kuliah pilihan, namun tanpa terjadi perubahan secara mendasar dan tidak perlu melakukan ekivalensi mata kuliah.


Penyusunan revisi kurikulum 2016-2021 PSTM UNUD dilakukan dengan memperhatikan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional tentang Kurikulum Inti pendidikan tinggi yang berlaku secara nasional, Hasil kerja BKSTM se-Indonesia tentang Kurikulum Inti Teknik Mesin serta kebutuhan pasar tenaga kerja sarjana Teknik Mesin baik lokal, nasional, maupun internasional. Dengan konsep tersebut, mahasiswa PSTM UNUD akan memiliki keunggulan dalam hal kemampuan untuk bekerja secara individu maupun tim dalam multi disiplin dengan tingkat kompetensi yang telah ditetapkan.


Secara umuk dasar penyusunan kurikulum ini adalah keputusan Mendiknas No. 232/U/2002 dan No. 045/U/2002 tentang kurikulum inti pendidikan tinggi yang berlaku secara nasional. Dengan merujuk kepada keputusan Mendiknas tersebut maka struktur kurikulum 144 SKS akan terdiri dari kompentensi utama sebanyak 105 SKS, kompetensi pendukung sebanyak 35 SKS, dan kompetensi lain 4 SKS.



Attachment

  • CURRICULUM BOOK

Berita

  • Program Studi Teknik Mesin . Fakultas Teknik Unive...
    Jumat, 1 Agustus 2025
  • Team Weimana mengikuti LombaShell Echo Marathon As...
    Kamis, 13 Februari 2025
  • Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Udayana Raih...
    Rabu, 1 Januari 2025
See More >>

Pengumuman

  • Akses e-book Springer Nature langganan Perpustakaan
    Selasa, 12 Maret 2024
  • Jadwal Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023 2024 PSTM UNUD
    Kamis, 7 Desember 2023
  • Informasi Pemadaman Aliran Listrik Sementara 4 sd 7 Desember 2023
    Senin, 4 Desember 2023
See More >>

Agenda

  • KONFERENSI NASIONAL ENGINEERING PERHOTELAN XV 2025 (KNEP XV 2025) 25 - 26 Juni 2025
    Selasa, 1 Juli 2025
  • KONFERENSI NASIONAL ENGINEERING PERHOTELAN XIV 2024 (KNEP XIV 2024) 01 - 02 Agustus 2024
    Kamis, 1 Agustus 2024
  • KONFERENSI NASIONAL ENGINEERING PERHOTELAN XIII 2023 (KNEP XIII 2023) 27 - 28 Juli 2023
    Kamis, 1 Juni 2023
See More >>

Contact Us

Fakultas Teknik Universitas Udayana

Jl. Raya Kampus Unud, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
Telp. (0361) 703320

Information

  • Universitas Udayana
  • LPDP
  • LPPM Udayana
  • Career Development Center
  • Alumni
  • Science Direct
  • Proquest
  • Elsevier
  • IEEEXplore
  • IEEE Comp Society

Follow Us

© 2022 USDI - Universitas Udayana

  • Campus Map
  • Web Email